Senin, 10 Maret 2014

Pencuri Komponen Alat Eksavator Mulai Gerah

Maret, 10/2014



LSM Lumbung Informasi Pro aktif atas apapun masalah yang terjadi di indonesia dan khususnya daerah, baru baru ini telah terjadi pencurian komponen alat eksavator milik Dinas kelautan Kabupaten Pesisir Barat berupa Planeteri Gier dancasing . Pencuri dimaksud diperkirakan masih orang dalam dan ada diseputar kelompok atau pihak yang mengkondisikan rental dimaksud . 

LSM Lumbung Informasi Tepat Akurat mempertanyakan Aturan penyewaan alat milik pemerintah dimaksud, apakah sudah sesuai aturan atau tidak, sebab kabupaten pesisir barat masih tergolong baru berdiri, dan dindikasikan bahwa pengelola eksavator dimaksud masih ada kaitan persaudaraan dengan Kadis Kelautan dan Perikanan Pesisir Barat . 

Pencurian komponen alat berat tersebut terjadi saat alat tersebut disewa oleh mantan peratin ( kepala desa ) Sukamarga bengkunat, guna pekerjaan dilokasi pangkalan batu miliknya . Benar alat tersebut sudah berjalan, namun komponen alat dimaksud sempat hilang dari tempatnya ( Planeteri Gier ) yang berpungsi sebagai penggerak Track, artinya alat dimaksud sangan vital dalam pungsinya . Dan harga komponen ini untuk sebelah saja hampir mencapai 80 Juta dan proses pembelian harus pesan ( Inden ) dalam beberapa bulan . Sementara pihak yang mengadakan atau pihak yang menawarkan komponen dimaksud hanya menawarkan harga 65 Juta kepada pihak penyewa dan terpaksa penyewa menyanggupi dan membayar komponen dimaksud . 

Ada indikasi praktek Mafia didalamnya, dan hal ini sudah dilakukan pertemuan dengan Kadis Kelautan, namun mkadis kelautan merasa tidak enak dan menurut LSM LITA, Kadis seolah tidak begitu merespon dan jelas menjadi pertanyaan, ada apa sebenarnya dengan Kadis Kelautan dan Perikanan Pesisir Barat . LSM LITA meminta agar masalah ini terungkap dengan jelas dan bisa diketahui motif pencurian ini, karena bisa saja pelaku memang sudah biasa bergerak melakukan pencurian komponen alat berat , karena jelas tidak semua orang mengetahui dan tau bagaimana membuka komponen dimaksud serta mengetahui mana yang berharga dari komponen alat berat . 

LSM LITA meminta bupati pesisir barat bertindak tegas atas masalah ini dan segera memerintahkan Inspektorat guna memeriksa semua permasalahan yang terjadi, dan hal ini agar tidak menjadi kebiasaan buruk semua pihak . 


Solusi Konfrehensif : Bupati Pesisir Barat segera memerintahkan Kadis Kelautan dan Perikanan untuk memanggil semua pihak yang terkait, baik pengelola, penyewa dan pihak yang mencarikan ganti komponen dimaksud . Agar dilakukan pemeriksaan secara total. 


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger