Kamis, 11 November 2010

Penebangan Pohon Damar Semakin Membabi Buta

Oleh : Dwi Karyanto / Dir.Eksekutif LSM Lumbung Informasi Tepat Akurat (LITA)

Potensi alam Lampung Barat berupa damar matakucing, merupakat aset daerah dan juga aset nasional, oleh sebab itu populasi pohon yg menghasilkan getah damar ini harus dijaga serta diberikan perlindungan atas aturan hukum yg jelas oleh pemerintah lampung barat.

Satu hal dilematis yg akan terjadi dilampung barat saat ini, kehancuran hutan damar disebabkan oleh lemahnya sistim yg diterapkan oleh pemerintah lampung barat. Perkembangan penyusunan serta menciftakan perda sangat lemah, ketika terjadi penebangan pohon damar secara besar besaran, begitu mudah masyarakat mengelak bahwa mereka mengatakan hak milik, sementara secara mendasar apapun aturan ada pada pemerintah, semua bisa diperbuat oleh pemerintah Lampung Barat.

Bagaimanapun ketika pemerintah telah mencanangkan anti penebangan pohon damar, maka tidak bisa ditawar lagi. Dan permasalahanya bagaimana aturan tersebut diwujudkan atas dasar kebutuhan yg prinsif oleh pemerintah dan diterapkan dengan tegas. Tentu akan berhasil. Dan pemerintah harus menutup sawmill yg ada di Lampung Barat . Stop penebangan pohon damar dan tutup sawmill, maka akan terpeliharalah kekayaan daerah berupa hutan dan damar mata kucing.

1 komentar:

Dupaido mengatakan...

dierra lahirnya pesisir barat harus dihentikan

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger